4 Karya Ilmiah Terbaik Berlaga di PINOKIO

Yogyakarta, Depkominfo BEM – Untuk melatih mahasiswa dalam berinovasi dan berkompetisi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STTN-BATAN, minggu (4/11) kemarin mengadakan acara Pekan Inovasi Karya Ilmiah dan Teknologi. Acara yang merupakan program kerja dari Departemen Riset dan Teknologi BEM STTN ini, diikuti oleh 4 kelompok finalis dengan poin tertinggi yang telah bersaing dalam selseksi karya tulis oleh tim juri sebelumnya.

Acara yang telah dilakukan untuk kedua kalinya ini, mempunyai target melatih mahasiswa STTN untuk menganalisa dan mengkritisi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dan dengan dasar keilmuan serta rasionalitas mampu mengembangkan suatu teknologi untuk mengatasi permasalahan tersebut. “Tujuan PINOKIO diadakan juga sebagai wadan anak-anak STTN berkompetisi dan unjuk inovasi” ungkap ketua pelaksana saat dikonfirmasi pagi tadi lewat handphone .

Acara yang diselenggarakan di auditorium STTN-BATAN itu, dihadiri oleh Bpk. Nugroho Trisanyto, SST dan Ibu Maria Christina Prihatiningsih, SST sebagai dewan juri. Kelompok dengan anggota Faris Manggalakusuma , Meki Arian Saputra dan Andhika Engar Pamungkas sebagai finalis, diberi kesempatan pertama untuk mempresentasikan hasil karya ilmiahnya. Prinsip kerja karya denga judul ” Home Intelligence” ini adalah melakukan otomasi lampu dan jendela yang dapat nyala dan terbuka sesuai dengan variabel waktu yang ditentukan. ” Ide awal karya ini bersasal dari saya sendiri sebagai anak kost, yang kurang puas jika bangun kesiangan, namun lampu masih menyala dan jendela masih tertutup” ungkap faris saat menjawab pertanyaan dari dewan juri.

Presentasi karya kedua dilakukan oleh kelompok EMC vol 2 dengan anggota Ahsanu Qoulan dan Herdi Afrizal dan hasil karya ” Pembuatan Hand Dryer sederhana. Tim yang berasal dari prodi elmek 2011 ini menggunakan hair dryer sebagai komponen pemanas utama. Mereka mengaku sempat mengalami kesulitan perihal otomasi pengoperasian alat tersebut. ” Awalnya kami berencana menggunakan sensor photodiode, namun karena sensitivitasnya yang menurut kami kurang, digunakan limit switch untuk mengoperasikan alat” ujar Ahsanu dalam sesi presentasi. Namun kelompok ini berharap, kedepannya dapat dilakukan pengembangan agar alat yang mereka rancang benar-benar dapat dioperasikan secara otomatis.

Tidak mau kalah dengan juniornya, pada kesempatan ketiga giliran Arif Adityas Budiman dari prodi elmek 2009 memamerkan hasil karyanya dengan judul ” Rancang Bangun Pendingin Notebook” . Kelompok yang juga dianggotai Bayu Dirgantara dan Charvien Ghiyats ini menawarkan kosep baru sistem pendingin yang telah terintegrasi dengan notebook dan catu daya 12 Volt serta casing dari alumunium yang memiliki konduktivitas termal yang baik. Semua itu dirancang dengan harapan notebook akan bekerja lebih optimal dan tidak terganggu dengan panas yang dihasilakan dari hardware notebook itu sendiri.

Sebagai finalis terakhir, dipresentasikan karya dengan judul “Kalkulator Pekerja Proteksi Radiasi v.1.02” . Karya ilmiah dari kelompok yang diketuai M. Farid Muhyidin yang juga merupaikan ketua pelaksana kegiatan PINOKIO, serta anggota Abdul J.P dari prodi elmek 2010 ini sebenarnya adalah pengembangan dari karya ilmiah yang tahun lalu menjadi jurara di even yang sama ini. Kalkulator yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman delphi ini, dapat menghitung aktivitas sumber radiokatif dan waktu maksimal yang diperbolehkan bagi petugas proteksi radiasi untuk bekerja di derah radiasi.

Di akhir acara Pekan Inovasi Karya Ilmiah dan Teknologi atau yang disingkat dengan PINOKIO ini, juga disampaikan evaluasi dari dewan juri. Secara umum, tim juri masih menekankan pada blok diagram rangkaian yang tidak dibuat oleh seluruh finalis. “Blok diagram ini sangat penting, karena dapat membantu orang lain untuk mengerti prinsip kerja dari alat yang kita buat” ujar pria yang sering berkacamata itu. Bapak Nugroho Trisanyoto, SST juga berpesan, kedepannya agar para peserta dapat membuat slide presentasi yang lebih menarik dan informatif. Adapun pengumuman pemenang akan dilakukan pada puncak parade lomba ilmiah pada acara lomba MIPA tingkat SMA se-DIY dan JATENG senin (10/11) pekan depan (astro)

About

Speak Your Mind

*